Langsung ke konten utama

Contoh Program Tahunan Mapel B.Arab

 

 

 

PROGRAM TAHUNAN

                                                                                                  

Nama madrasah       :    MTs Al-Filsufiyyah

Mata Pelajaran         :    Bahasa Arab

Kelas                        :    VIII (Delapan)

Tahun Pelajaran        :   2020/2021

 

Kompetensi Inti :

KI 1

:

Menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

KI 4

:

Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

NO

KOMPETENSI DASAR

ALOKASI WAKTU

1

الرياضة

3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema:

الرياضة

4.1  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang tujuan sebuah aktifitas dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks baik secara lisan maupun tulisan.

 

 

9 JP

 

 

3.2   Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

الرياضة

      

 

4.2 Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

الرياضة

     dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

12 JP

 

2

3.1  Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

المهنة

 

4.1  Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang tujuan sebuah aktifitas dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks baik secara lisan maupun tulisan.

 

 

3.2 Menganalisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

المهنة 

 

  dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 

4.2 Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

المهنة 

dengan memerhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

 

12 JP

 

 

 

 

 

12 JP

3

 

3.1 Memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, dan makna) dari teks naratif sederhana yang berkaitan dengan tema:

عيادة المرضى

 

        yang melibatkan tindak tutur mendoakan orang sakit dengan memperhatikan susunan gramatikalnya

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mendoakan orang sakit dengan dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks baik secara lisan maupun tulisan

6 JP

 

3.2 Menganalisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema:

عيادة المرضى

 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 

4.2 Menyajikan hasil analisis gagasan dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema:

عيادة المرضى

 

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

 

15 JP

 

 

 

 

 

66 JP

 

 

 

Kepala Madrasah

 

 

 

 

 

Drs. H. Omannudin, MM

NIP. 196311101992031004

 

Tangerang,   09 April 2021

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Shifany Maulida Hijjah, S.Pd

NIP. 197204032006042023

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan antara Fiqh Al-Lugha dengan Ilmu Al-Lugha

  A.     Pengertian Fiqh al-Lughah dan Ilmu al-Lughah Secara etimologis (dari segi bahasa) kedua istilah itu sama. Dalam kamus Arab ditemukan bahwa kata الفقه     berarti العلم بالشيء و الفهم له   ( pemahaman dan pengetahuan tentang sesuatu) [1] . Singkatnya kata al-fiqh ( الفقه ) = al-’ilm ( العلم ) dan kata faquha ( فقه   ) = ‘alima ( علم ). Hanya saja pada penggunaannya kemudian, kata al-fiqh lebih didominasi oleh bidang hukum. Dengan demikian frase ilm lughah sama dengan frase fiqh lughah . [2] Pendapat ini sejalan dengan pendapat Ibnu Mansur, beliau mengatakan bahwa istilah “ علم اللغة “ memiliki kesamaan dengan istilah فقه اللغة" “ yaitu dari kata فقه" “dan “ علم “ yang dapat diartikan mengetahui atau memahami [3] . Hal ini diperkuat firman Allah swt. dalam QS; Al-Taubah/9: 122   لِیَتَفَقهوا فِى الدِّیْنِ " أَيْ لِیَكُوْنُوْاعُلَمَاءً بهِ “ " Untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama” [4] Dengan...

Selamat dari Maut

 Ini adalah beberapa peristiwa yg benar-benar terjadi dalam hidupku, beberapa peristiwa mengerikan yang hampir merenggut nyawaku. Peristiwa pertama adalah ketika aku berusia 12 tahun. Aku beserta keluarga berlibur ke suatu pulau di daerah A. Awalnya kami senang bisa liburan bareng keluarga ke pulau tsb (karena pemandangannya indah dan sedikit pengunjung). Kami beserta pengujung memutuskan untuk menyeberang pulau dengan kapal semi feri atau bisa dibilang kapal nelayan yg ukurannya lumayan besar. Sebenarnya pemilihan kapal ini adalah kesalahan fatal karena pada saat itu hanya kapal ini yg terjadwal berlayar. Akhirnya kami semua menaiki kapal tsb. Di pertengahan perjalan terjadilah hal yang tidak diinginkan kapal kami kehilangan keseimbangan akibat ombak laut yg besar, kami sangat terkejut ditambah seluruh pakaian kami basah. Kapal kami terombang-ambing dan hampir terbalik padahal masih sangat jauh menuju daratan. Kami semua hanya bisa berpegangan erat satu sama lain. Salah satu penum...

Linguistik Kontrastif: Pengertian, Objek, Metode, Manfaat dan Tujuan

Pengertian Linguistik Kontrastif      Kata contrasstive adalah kata keadaan yang diturunkan dari kata kerja to contrast. Dalam The American Collage Dictionary terdapat penjelasan sebagai berikut: “contrast:   To set in opposition in order to show unlikeness; compare by observing differences”. “menempatkan dalam oposisi atau pertentangan dengan tujuan memperlihatkan ketidaksamaan; memperbandingkan dengan jalan memperhatikan perbedaan-perbedaan.” Dari penjelasan di atas dapatlah kita tarik kesimpulan, bahwa yang dimaksud dengan istilah linguistik kontrastif atau contrastive linguistics adalah ilmu bahasa yang meneliti perbedaan-perbedaan, ketidaksamaan-ketidaksamaan yang terdapat pada dua bahasa atau lebih. Linguistik kontrastif atau disebut juga dengan analisis kontrastif ( contrastive analysis ) termasuk mikrolinguistik. Linguistik kontrastif adalah salah satu model analisis bahasa dengan asumsi bahwa bahasa-bahasa dapat diperbandingkan secara sinkronis...